Langkah-Langkah Umum Penanganan Kasus/masalah Klien


H. M. YUNUS WINARNO. S.Pd., M.Pd.

Langkah-Langkah Umum Penanganan Kasus/masalah Klien

No. Langkah-langkah Amati dan tulislah secara spesifik
1 Memilih peristiwa/ kasus dari tingkah laku siswa yang menjadi perhatian / menonjol Siapa yag melakukan, dimana dilakukan, kapan waktu melakukannya, bagaimana bentuk tingkah lakunya, berapa kali tingkah laku dilakukan, dan seterusnya
2 Mencari penyebab peristiwa kasus / masalah Kenali penyebab tingkah laku menyimpang
3 Mencari sumber-sumber informasi, deskripsikan! Dari teman klien mengatakan … dan seterusnya.
Dari klien mengatakan … dan seterusnya
4 Bagaimana cara mendapat sumber informasi? Jelaskan tehniknya, misalnya wawancara
5 Simpulkan apa pokok masalahnya!
6 Memberikan bantuan:
Layanan konseling, layanan informasi, dll Menggunaka RET, AT, Psiko Analitik atau tehnik lain
7 Kategorikan dalam bidang apa! Sosial–Pribadi–karier–belajar
8 Kesepakatan apa yang akan diambil untuk membuat perubahan tingkah laku Lakukan bersama dengan anak
9 Amati apakah sudah ada perubahan Diingatkan sesuai kesepakatan bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s