Teknologi Pendidikan


Teknologi Pendidikan
Teknologi Pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan serta pengorganisasian dalam menganalisa, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah segala aspek tindakan belajar.
2. Karakteristik Kerja Teknologi Pendidikan
a. Berorientasi kepada Siswa
1) Pengenalan karakteristik siswa merupakan penentuan asumsi-asumsi dasar yang perlu diambil oleh seorang pengembang pendidikan dengan tingkah laku masukan dan sifat-sifat umum populasi sasaran terkait dengan kegiatan pembelajaran.
2) Dua lingkup kajian tingkah laku dan sifat umum populasi.
a) Tingkah laku masukan
(1) Terkait dengan hal-hal apa saja yang sudak dimiliki populasi sasaran sebelum mereka mempelajari sesuatu.
(2) Pengenalan dilakukan dengan cara analisis, yaitu mengajukan pertanyaan: Apa yang perlu diketahui siswa agar dapat belajar dan menguasai keterampilan ini?, sehingga ditemukan satu keterampilan sub ordinat.
b) Sifat umum populasi sasaran
(1) Perkembangan Kognitif
Tahap sensory  Praoperasional 
Operasional konkret  Operasi formal
(2) Perkembangan Moral
Tingkat prakonvensional  Tingkat konvesional 
Post Konvensional
(3) Gaya Belajar: Audio, Visual dan kinestetik
(4) Tinjauan Lain: Karakter kognitif, psikososial dan fisiologis

b. Menggunakan Pendekatan Sistem
Pendekatan sistem mencakup 3 aspek, yaitu:
1) Filsafat sistem, yaitu tentang cara berpikir.
2) Analisis sistem, yaitu tentang metode atau eknik pemecahan masalah.
3) Manajemen sistem, yaitu tentang aplikasi teori dari sistem.
Model pendekatan sistem:
1) Identifikasi Masalah
2) Menentukan alternatif pemecahan
3) Memilih strategi pemecahan
4) Melaksanakan strategi tersebut
5) Menentukan efektifitas
6) Refleksi dan revisi bila perlu
c. Memberdayagunakan Sumber Belajar
1) Pengertian sumber belajar
• Secara sempit, yaitu buku atau bahan cetak lainnya.
• Secara luas, yaitu segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar.
2) Macam sumber belajar
• By design (sumber yang diracang), yaitu sumber belajar yang secara spesifik dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional.
• By utilization (sumber yang dimanfaatkan), yaitu sumber belajar yang secara spesifik tidak dirancang untuk instruksional tetapi dapat dimanfaatkan dalam keggiatan instruksional.

3. Pandangan Terhadap Teknologi Pendidikan
a. Sebagai Sebuah Teori
Merupakan cabang pendidikan yang memiliki atau merupakan abstraksi yang meliputi seperangkat ide dan prinsip tentang bagaimana pendidikan dengan memanfaatkan teknologi, contoh: teori tentang pembelajaran.
b. Sebagai Bidang Garapan
Penerapan teori tersebut dalam memecahkan masalah yang ada dalam dunia pendidikan, contoh: penerapan teori pembelajaran
c. Sebagai Profesi
Sekelompok orang pelaksana yang diorganisir berdasarkan criteria dan tugas tertentu, contoh: ahli media.
4. Kawasan Teknologi Pendidikan
a. 5 Domain Menurut Paradigma 1994
Menurut paradigma 1994, kawasan teknologi pedidikan meliputi merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan mengevaluasi semua proses dan sumber belajar.
1) Kawasan Rancangan
• Rancangan sistem pembelajaran
• Rancangan pesan
• Strategi pembelajaran
• Karakteristik peserta didik
2) Kawasan pengembangan
• Teknologi cetak
• Teknologi audio visual
• Teknologi berbasis komputer
• Teknologi terpadu atau multimedia

3) Kawasan Pemanfaatan
• Pemanfaatan media
• Difusi inovasi
• Implementasi dan institusional
• Kebijakan dan regulasi
4) Kawasan Pengelolaan
• Pengelolaan proyek
• Pengelolaan sumber
• Pengelolaan sistem penyampaian
• Pengelolaan informasi
5) Kawasan Evaluasi
• Analisis masalah
• Pengukuran acuaan patokan
• Penilaian formatif
• Penilaian sumatif
5. Ilmu Bantu Teknologi Pendidikan
a. Psikologi
Berhubungan dengan bagaimana peserta didik belajar, cara belajar dan perkembangan psikologis peserta didik, contoh: perkembangan peserta didik, teori belajar orang dewasa dan psikologi pendidikan.
b. Sosiologi
Berhubungan dengan hubungan manusia dengan manusia yang lain dan dinamika sosial yang ada, contoh: sosiologi pendidikan
c. Komunikasi
Berhubungan dengan cara mendesain dan menyampaikan informasi kepada orang lain, contoh: desain pesan dan desain visual.
d. Manajemen
Berhubungan dengan mengatur, menyusun, memanfaatkan, mengelola dan mengevaluasi sumber belajar, contoh: manajemen sumber belajar.
6. Aplikasi Teknologi Pendidikan
a. Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, aplikasi teknologi pendidikan diterapkan diberbagai lembaga pendidikan dan Pusdiklat pada instansi-instansi pemerintahan dan non pemerintahan, contoh: lembaga penyiaran, penyuluhan masyarakat dan pusat sanggar belajar.
b. Bidang Pembelajaran
Dalam bidang pembelajaran, aplikasi teknologi pendidikan diterapkan diberbagai lembaga pendidikan persekolahan, contoh: SD Pamong, SMP Terbuka, SMA Terbuka dan Universitas Terbuka.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s